Rabu, 17 Agustus 2011

TIPS CEPAT BELAJAR MATEMATIKA


          Kadang- kadang anak muda ada yang susah menerima pelajaran matematika. Berikut rahasia agar cepat pintar Matematika :
1.       Perpanjang Sujud dan Puasa
   Dalam keadaan sujud, dimana posisi antung lebih tinggi dari kepala membuat aliran daranh mudah menuju kepala. Darah yang berisi oksigen itu memang sangat dibutuhkan oleh otak guna mengoptimalkan fungsinya, khususnya pada solat tahajjud. Dimana ketika itu memberikan kesempatan kepada otak memenuhi kebutuhan oksigen secara maksimal. Sujud juga berguna utk memperbaiki kestabilan.
   Sedangkan puasa berfungsi menekan otak untuk melakukan pengimbangan memori. Ketika berpuasa, otak akan banyak mengeluarkan Omega 3 yang sangat dibutuhkan sel saraf otak Selain itu, puasa dapat menurunkan level lipid peroksidase yg berguna meningkatkan level dehidroepiandrosteron yang berfungsi untuk mengoptimalisasi fungsi otak. Seperti sabda Rasulullah, Puasa itu Menyehatkan.
2.     Perbanyak Latihan Otak
   Yatu memberi stimulasi kognitif, seperti berdiskusi tentang topik aktual, mengisi teka-teki, main catur, bermain Rubiks, dsb. Latihan tersebut mendorong berkembangnya plastisitas system saraf pusat.
3.     Makan Permen Karet
   Beberapa peneliti menyimpulkan tingkat stres yang lebih rendah, menjadikan lebih bisa fokusdan konsentrasi. Penelitian tentang ini dilakukan Baylor College Of Medicine yang melibatkan 108 mahasiswa. Yang dibagi dalam 2 kelompok, yg mengunyah dan tidak. Setelah 14 pekan, semua mahasiswa melakukan ujian. Hasilnya, yang mengunyah permen karet menunjukkan nilai matematika yang signifikan.
4.     Coklat
Senyawa yang terdapat di dalam coklat yaitu flavanols sangat membantu tugas perhitungan matematika. Zat tersebut bisa mengurangi perasaan lelah, serta kekurangan mental. Flavanols merupakan bagian senyawa kimia yang disebut Polyphenols yang bekerja meningkatkan aliran darah ke otak. Penelitian ini dilakukan pada 30 sukarelawan yang harus mengerjakan tugas menghitung mundur 3 angka antara 800 hingga 999 yang dihasilkan oleh komputer. Penemuan itu menunjukkan relawan bisa menghitung lebih cepat dari komputer setelah mengonsumsi coklat. Namun hasilnya berbeda saat mengerjakan tugas menghitun mundur 7 angka karena lebih rumit yang membutuhkan bagian otak yang berbeda. Penelitian ini tidak mendapati lelah meskipun berjam-jam dan berulang kali setelah mengonsumsi coklat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar